Kelebihan Dan Kekurangan Penggunaan Peredam Suara Mobil

By | September 16, 2017

Peredam Suara Mobil – Mengingat pencemaran suara yang kerap terjadi di berbagai tempat, maka dari itu pada kesempatan kali ini kami akan menyajikan informasi kepada pemabaca sekalian mengenai dampak pemasangan peredam suara pada tunggangan anda. Dimana guna menanggulangi hal tersebut kita tidak bisa begitu saja mengatasi pencemaran suara tersebut, namun yang perlu anda lakukan adalah menjadikan kabin mobil anda terasa lebih hening dengan menggunakan peredam suara pada mobil anda. Meskipun cara ini sudah terbilang cukup umum, namun mungkin ada suatu hal yang masih belum anda ketahui. Khususnya bagi anda pemilik mobil yang mendambakan kualitas audio mobil di dalam kabin yang berkualitas. Dengan tanpa mengeluarkan banyak biaya, cara seperti ini sudah terbukti memberikan hasil yang memuaskan.

Perlu anda bahwa ada 2 jenis peredam suara yang bisa anda gunakan pada mobil anda pertama peredam cair dan yang kedua peredam padat. Peredam Cair adalah suatu cara untuk meredam suara mobil dengan menggunakan sebuah cairan yang disemprotkan pada bagian atau panel yang diinginkan. Pada umumnya panel atau bagian yang diredam adalah kap mesin, kolong, vender atas roda , dan door trim. Cairan yang biasa digunakan yaitu sound proofit yang berfungsi untuk menutup pori-pori bodi panel. Proses peredaman ini dilakukan dengan metode pengulangan hingga beberapa kali untuk memastikan cairan peredam tersebut telah merata pada setiap bagian yang diinginkan hingga sekitar 2 mm. Peredam Padat atau Tempel adalah suatu cara untuk meredam suara mobil dengan menggunakan Sound Deadening Pad. Biasanya berbentuk selayaknya karpet yang mempunyai daya rekat kuat dengan tebal 1 mm. Bahan yang biasa digunakan adalah aspal, foam, dan butyl rubber.

Peredam Suara Mobil 2

Review Penggunaan Peredam Suara Mobil

Seperti itulah sedikit gambaran tentang apa itu peredam suara mobil. Namun meski demikian, pastinya menggunakan peredam suara pada mobil anda akan menumbulkan suatu dampak baik itu positif ataupun negatif atau bisa dibilang kelebihan ataupun kekurangannya. Biasanya pemilik mobil akan memasang peredam suara mobil jenis padat berbahan aspal. Dimana bahan tersebut memiliki harga yang relative murah dan pemasangannya yang simpel. Selain itu peredam jenis ini memiliki bentuk presisi saat dipasang sehingga akan menempel dan tidak bergeser dari posisi awalnya. Namun tidak hanya jenis saja bisa anda gunakan untuk meredam suara pada mobil anda. Ada 2 jenis peredam yang akan kita kupas pada artikel ini, yaitu peredam padat dan peredam cair. Adapun kelebihan dan kekurangan penggunaan peredam suara mobil telah kami ringkas seperti yang tertera dibawah ini.

Kelebihan Penggunaan Peredam Suara Mobil

Tentunya tujuan umumnya adalah untuk menghasilkan peredaman suara atau keheningan kabin yang efektif dan memuaskan. Namun ada pula kelebihan – kelebihan lain yang bervariasi tergantung jenis peredam yang digunakan. Untuk jenis peredam berbahan aspal pemasangannya begiu simple dengan hanya menempelkan pada dinding yang setelahnya dilapisi karpet dan bekled. Selain itu, dengan berbahankan aspal maka akan membuat kabin semakin hening tanpa membutuhkan perawatan yang lebih. Ditambah lagi akan menciptakan kualitas audio kabin yang lebih bagus. Harga peredam mobil berbahan aspal tergolong murah. Dimana pada umumnya hanya dijual sekitar harga 100 hingga 150 ribu untuk tiap lembarnya. Jenis peredam satu ini juga memiliki kemampuan peredam sangat baik dan ketebalan yang bervariasi, serta tahan basah. Kemudian untuk jenis peredam berbahan foam harganya juga relatif murah dan ketebalan yang bervariasi serta bahannya yang ringan ringan. Terakhir untuk jenis peredam berbahan butyl rubber memiliki kemampuan peredaman begitu baik bahkan terbukti sama dengan yang berbahan aspal untuk tebal yang sama pula. Selain itu juga memiliki berat yang 8x lebih ringan dibanding aspal untuk ketebalan yang sama dan pemasangannya yang juga mudah.

Peredam Suara Mobil

Kekurangan Penggunaan Peredam Suara Mobil

Dengan pemasangan peredam memang kabin akan senyap serta nyaman, namun tentunya juga akan menimbulkan suatu kekurangan. Seperti halnya pada pemasangan peredam berjenis aspal berupa penambahan berat kendaraan. Dimana untuk tiap lembarnya yang memiliki ketebalan 2 mm yang bisa membuat berat mobil hingga bertambah 2 kg. Perhitungan tersebut adalah untuk tiap lembarnya sedangkan tentunya anda tidak mungkin hanya akan menggunakan satu lembar saja. Dengan berat kendaraan yang bertambah, pastinya akan berdampak terhadap kerja mesinnya sehingga menjadi terbebani karena sudah tidak sesuai dengan berat awalnya. Sehingga nantinya akan berefek pada konsumsi BBM-nya yang tentunya juga akan meningkat meskipun tidak signifikan. Untuk jenis peredam berbahan foam pemasangannya lumayan sukar dan kemampuan peredamannya yang  kurang kuat. Selain itu bahan foam ini begitu tebal dan tidak tahan basah. Apalagi untuk jenis peredam berbahan butyl rubber yang memiliki harga mahal meskipun berbanding lurus dengan kualitasnya. Selain itu, pemasangan peredam ini juga menimbulkan kekhhawatiran untuk mobil yang masih bergaransi resmi. Karena meskipun pemasangan peredam ini bersifat penambahan tanpa adanya modifikasi, namun juga tidak menutup kemungkinan anda akan kehilangan garansi tersebut.

Catatan :

Peredam tidak menjamin keseluruhan suara dapat diredam. Karena pencemaran suara dapat masuk juga melalui kaca, spakbor, dan celah – celah mobil. Lalu tingkat ketebalan suatu bahan peredam tidak menentukan tingkat keberhasilan peredaman suara bising. Faktor terpenting yaitu penempatan peredam yang benar dan merata.

Demikianlah artikel yang membahas tentang Kelebihan Dan Kekurangan Penggunaan Peredam Suara Mobil ini. Masih banyak lagi tips seputar dunia otomotif yang bisa anda baca langsung di website ini. Semoga dapat bermanfaat dan lebih menambah wawasan pembaca sekalian. Terima Kasih.

Kata Kunci Masuk:

  • kekurangan dan kelebihan x pander