Cara Membaca Jenis Kode Ukuran Ban Mobil

By | August 25, 2017

Kode Ukuran Ban Mobil – Dalam hal ini ternyata cukup penting juga untuk pembaca sekalian yang gemar dengan urusan otomotif untuk mengetahui setiap bagian dari mobil anda. Seperti halnya betapa pentingnya mengetahui cara kita untuk memeriksa kondisi serta membaca kode indeks pada ban yang akan kita beli atau yang saat ini sudah terpasang dengan rapi pada mobil – mobil pembaca sekalian. Sehingga dari sini kita akan sama – sama setuju bahwa Ban mobil adalah salah satu bagian penting dari mobil. Namun bagian yang satu ini seringkali dihiraukan, meskipun pada hakikatnya kita juga menyadari bahwa bagian ini merupakan titik vital ketika sedang berkendara. Selain itu, juga tidak sedikit pemilik mobil yang kerap sekali kebingungan ketika hendak memilih ban mobil yang cocok dengan mobil mereka. Maka dari itu mengetahui cara membaca jenis kode ukuran ban itu merupakan suatu kewajiban bagi anda yang menyayangi mobil anda.

Cara Mengukur Jenis Kode Ukuran Ban Mobil

Mengingat betapa pentingnya komponen seperti ban pada mobil, tentunya banyak pabrikan yang akan berlomba untuk memproduksi dan memasarkannya. Pada umumnya tiap – tiap pabrikan menggunakan kode yang berbeda untuk menentukan jenis ban yang mereka produksi. Banyak pula merk ban yang banyak digunakan oleh mayoritas masyarakat di Indonesia seperti Bridgestone, Mizzle, Goodyear, IRC, Federal, dll. Dimana untuk tiap merk tentunya akan terdapat banyak perbedaan juga. Baik itu dari segi bahan, ukuran, dan kode indeksnya. Namun secara umum, tiap – tiap merk tersebut menggunakan cara membaca kode ban mobil yang secara teoritis sama. Sehingga pada ulasan kali ini kami akan membahas tentang cara membaca jenis kode ukuran ban mobil.

Jenis – Jenis Kode pada Ban Mobil

Kode – kode yang tertulis pada tiap ban mobil berfungsi untuk menentukan ukuran dan jenis dari ban mobil itu sendiri. Dimana untuk setiap kodenya memiliki arti yang berbeda – beda. Baiklah supaya lebih jelas, kita ambil contoh kode ban berikut ini, “P185/70/R16 88V” dan dibawahnya terdapat  kode “1212”.

Jenis - Jenis Kode Ban Mobil

P185/70/R16 88V

Kode indeks ban seperti diatas ini adalah  kode yang sering kali dijadikan patokan oleh tiap konsumen yang hendak membeli ban baru atau tukang service mobil yang hendak mengganti ban mobil customernya. Baiklah, seperti dibawah ini penjelasannya.

Pertama “P”, sebenarnya kode ini berartikan suatu singkatan dari kata Passenger. Dimana ban dengan kode ini dikhususkan untuk penggunaan mobil penumpang. Namun selain kode tersebut masih ada kode yang lainnya. Diantaranya seperti LT ( singkatan dari kata light truck ), ST ( singkatan dari kata special trailer ) dan kode T yang merupakan singkatan dari kata temporary yang biasanya difungsikan sebagai ban serep.

Kedua “185”, maksudnya menunjukkan lebar dari tapak ban tersebut yang menggunakan satuan millimeter (mm), sehingga untuk kode tersebut berarti ban dengan tapak selebar 185mm. Menentukan jenis lebar tapak ban yang bagaimana juga merupakan faktor pendukung kenyamanan dan keamanan berkendara anda. Dimana ban dengan lebar tapak yang sesuai tentunya bisa menambah daya cengkram mobil secara optimal, namun dengan lebar tapak ban yang berlebihan bisa berdampak pula pada tingkat akselerasi mobil anda. Sehingga dari saja pembaca sekalian pasti lebih menyadari bahwa memilih ban yang sesuai itu amat penting.

Ketiga “70”, berarti nilai profil dari ban itu sendiri. Dalam hal ini sering kali orang betranggapan bahwa angka profil yang sama maka profil ban itu juga sama. Padahal Angka tersebut sebenarnya adalah persentasi dari lebar tapak ban mobil. Sehingga tiap ukuran ban akan berbeda meski dengan persentase yang sama. Contoh, ban dengan ukuran P195/70 dan P165/70 maka akan memiliki nilai profil ban yang berbeda. Ban pertama memiliki nilai profil ban sebesar 136.5mm (195mm x 70%) dan ban kedua memiliki nilai profil ban sebesar 115.5mm (165mm x 70%). Dimana memilih nilai profil ban tentunya juga turut mempengaruhi terhadap tampilan serta kenyamanan berkendara anda.

Keempat “R16”, kode ini untuk menjelaskan ukuran velg yang seharusnya digunakan. Pada kode tersebut tertulis R16 maka berarti Ring 16 yang artinya khusus digunakan ukuran velg berdiameter 16 Inch. Untuk kode ini anda harus benar – benar menyesuaikan dengan ukuran velgnya, karena jika tidak ban yang sudah terlanjur anda beli tidak akan bisa dipasang pada velg mobil anda. Sebagai contoh velg anda berdiamater 14 Inch namun anda pasangkan dengan ban berkode R16 maka hal ini balance, sehingga akibatnya ban tidak bisa dipasang pada mobil anda.

Kelima “88”, merupakan kode indeks beban maksimal dalam satuan Kilogram (Kg) yang mampu ban terima ketika berkendara. Beban maksimal tersebut berlaku untuk satu ban. Sehingga untuk mobil yang memiliki 4 buah ban dengan tanpa adanya masalah pada struktur sasisnya, maka keseluruhan bebannya akan ditopang secara bersamaan oleh keempat ban tadi.

Terakhir “V”, merupakan kode indeks batas maksimal kecepatan (dalam satuan Km/Jam) yang mampu diterima oleh ban. Dimana masing – masing pabrikan ban akan menggunakan kode tersebut untuk berbagai jenis ban yang mereka produksi atau bisa juga berbeda berdasarkan kebutuhan.

1212

Kemudian kode berikutnya yang sangat sering kali dihiraukan tanpa mau tahu apa maksud dari 4 digit angka tersebut. Dimana sebenarnya hal ini juga amat penting untuk kita ketahui, karena kode tersebut merupakan waktu pembuatan ban tersebut. Dengan keterangan 2 digit pertama merupakan minggu pembuatan ban dan 2 digit lainnya merupakan tahun pembuatannya. Sehingga bila berpatokan pada kode tersebut, yaitu “1212”. Maka berarti ban tersebut diproduksi minggu ke 12 (spesifiknya minggu ke-4 di bulan Maret) pada tahun 2012.

Berikut ini merupakan daftar tabel yang memuat tentang kode indeks Ban Mobil yang meliputi batas kecepatan dan beban yang mampu di tahan oleh tuap – tiap jenis ban mobil.

Kode Indeks Ban Mobil

Kecepatan

Kecepatan Maksimal (Km/H)

Beban Beban Maksimal (Kg)

P

120%

62

265

Q

160 63 272

R

170 64 280
S 180 66

300

T

190 68 315
H 210 70

335

V

240 73 365

W

270

75 387
Y 300 80-89

420%-580

Z

>300 90-100

600-800

Keterangan :

Kode Indeks Beban

“62” berarti beban maksimal ban = 265 Kg.

“63” berarti beban maksimal ban = 272 Kg.

“64” berarti beban maksimal ban = 265 Kg.

“66” berarti beban maksimal ban = 300 Kg.

“68” berarti beban maksimal ban = 315 Kg.

“70” berarti beban maksimal ban = 335 Kg.

“73” berarti beban maksimal ban = 365 Kg.

“75” berarti beban maksimal ban = 387 Kg.

“80 – 89” berarti beban maksimal ban = 450 – 580 Kg.

“90 – 100” berarti beban maksimal ban = 600 – 800 Kg

Kode Indeks Kecepatan

“Q” berarti kecepatan maksimal ban = 160 km/jam.

“S” berarti kecepatan maksimal ban = 180 km/jam.

“T” berarti kecepatan maksimal ban = 190 km/jam.

“U” berarti kecepatan maksimal ban = 200 km.jam.

“H” berarti kecepatan maksimal ban = 210 km/jam.

“V” berarti kecepatan maksimal ban = 240 km/jam.

“W” berarti kecepatan maksimal ban = 270 km/jam.

“Y” berarti kecepatan maksimal ban = 300 km/jam.

“Z” berarti kecepatan ban di atas 300 km/jam.

Beberapa kode yang telah di bahas pada artikel kali ini merupakan kode indeks ban yang sudah umum digunakan di tiap – tiap ban buatan kebanyakan pabrik produsen ban. Sehingga nilai kesesuaiannya sudah terjamin dan dapat dijadikan patokan ketika hendak mengganti ban mobil anda.

Demikianlah artikel yang membahas tentang Cara Membaca Jenis Ukuran Kode Ban Mobil ini. Semoga dapat bermanfaat sekaligus menambah wawasan kita semua. Terdapat juga artikel menarik lain yang bisa langsung anda baca di website ini. Terima Kasih.

Kata Kunci Masuk:

  • mitsubishi xpander ukuran ban
  • ukuran ban mobil mitsubisi xpender
  • ukuran ban dan velg expander
  • ukuran berapa velg mobil mitsubishi expander
  • ukuran ban standard xpander
  • ukuran roda mitsubishi expander
  • Ukuran velk mitsubishi expander
  • ukuran ban expandr
  • ukuran ban expander sport
  • ban yg cocok buat xpander/
  • spesifikasi velg dan ban mitsubishi expander
  • spesifikasi ring ban expander
  • spesifikasi ban expander
  • spec ban xpander
  • kode ban mobil com
  • harga mobil grand max
  • expander velg ring berapa
  • expander sport
  • xpander pake ban R18/