Pilih Mana, Toyota Sienta VS Honda Freed? Lihat Detail Komparasinya

By | June 14, 2017

Toyota Sienta vs Honda Freed – Pada masa meledaknya mobil jenis MPV di Indonesia, kembali muncul mobil MPV baru buatan Toyota yang mampu menyaingi mobil buatan Honda yaitu Honda Freed. Mobil buatan Toyota yang mampu menjadi pesaing berat Honda Freed itu kerap disapa dengan sebutan Toyota Sienta. Dimana pada peluncuran Toyota Sienta pada ajang IIMS 2016 lalu, mobil ini mampu menjadi daya tarik tinggi bagi konsumen. Pasalnya dengan modelnya yang tergolong fresh MPV di Indonesia, mobil ini juga menjadi pesaing langsung Honda Freed, dimana dari awal diluncurkannya mobil ini bebas melenggang dalam pasaran otomotif tanpa ada lawan untuk segmen MPV. Apalagi dengan dilengkapi fitur serta harga yang kompetitif, dari Toyota Sienta pastinya akan cukup mengancam penjualan Honda Freed di pasaran otomotif Indonesia.

Toyota Sienta VS Honda Freed Terbaru 2017

Namun meski begitu, Honda Freed sendiri tidak bisa begitu saja diremehkan. Karena bila menilai dari tingginya tingkat konsumen yang memilih MPV buatan Honda ini merupakan penguat bahwa Honda Freed memiliki daya tarik yang tersendiri untuk para konsumennya. Apalagi ditambah teknologi sliding doors serta pilot seat di baris tengah yang menambah nuansa mewah pada mobil ini. Hanya saja dengan munculnya Toyota Sienta yang hadir dengan konsep sama sehingga fitur sliding doors kini juga dimiliki oleh Sienta dan tidak menjadikan Freed sebagai satu – satunya. Dalam hal ini manakah yang paling layak untuk kita pilih. Pembaca sekalian pasti akan merasa cukup bingung bila harus dihadapkan pada pilihan tersebut, maka dari itu pada ulasan kali ini kami akan membahas mengenai perbandingan  dari kedua mobil ini.

Perbandingan antara Honda Freed dan Toyota Sienta

Desain Eksterior

Honda Freed untuk bagian eksterior menampilkan kesan MPV kelas atas yang didesain dengan konsep bodi yang atraktif dan diluar pengadatan mobil MPV pada umunya. Salah satu keunikannya yaitu bentuk bodinya yang hadir dengan konsep Iconic Boxy. Honda Freed mampu mendongkrak adat istiadat desain mobil MPV yang umumnya Elips. Bagian fascia tetap mempertahankan konsep generasi sebelumnya dengan sedikit pembaharuan. Model lampu utama mobil ini masih menggunakan bentuk ramping yang didesain cekung. Kedua lampu utama pada wajah Freed disatukan oleh front grill melengkung yang terbagi jadi 3 baris. Option warnanya masih pada warna Chrome Metalik yang menghadirkan aura ekslusif. Berpindah sedikit ke bawah, kita akan menemui bumper baru Honda Freed yang sekarang berkonsep lebih minimalis serta bodi depan bagian bawah yang diindah dengan fog lamp bulat yang dibiarkan terlepas tanpa wadah. Bergerak ke samping, sliding door tetap menjadi Point utama mobil ini buntu urusan eksteriornya. Desain kaca jendela bergaris-garis tegas dengan Side Body beraksen gelombang yang melintang dari depan ke belakang serta sedikit sentuhan pada bagian buritan membuat mobil ini tampil lebih atraktif dibandingkan varian sebelumnya. Pintu belakang bercorak grille minimalis yang melintang dengan warna metalik. Ditambah bagian belakangnya yang dipercantik dengan Stop Lamp berkonsep Stunning Tail Light ( desain lampu belakang yang didesain selaras dengan alur bodi ) sehingga secara menyeluruh, bagian eksterior Honda Freed ini memang tampil semakin eksklusif.

Honda Freed Terbaru 2017

Sementara untuk spesifikasi Toyota Sienta yang telah ditawarkan, pastinya akan menampakkan tampilan yang elegan, premium, mewah serta eksklusif. Bagian eksterior Toyota Sienta bentuk bodinya modern, yang terlihat pada bagian depan bodi dengan grill bentuk bangun trapesium yang bila diamati, mirip dengan grill milik Toyota Yaris. Lalu bagian headlamp memakai LED lamp with levelling. Untuk foglampnya, milik Toyota Sienta berbentuk bulat yang berpadu dengan bumper depan dan grill depan sehingga terasa elegan dengan tampilan yang sederhana. Tidak hanya itu, pada pintu samping kursi baris ke – 2 dilengkapi dengan Sliding Doors System dengan Dual Power yang memberikan kemudahan penumpang Toyota Sienta ( pada type G, V dan Q) ini saat membuka pintu bagian samping tersebut. Toyota Sienta Tipe E menggunakan Sliding Door System tanpa Dual Power seperti type lainnya sehingga untuk type ini masih manual. Kemudian pada tampilan bodi belakang dipasang LED Lamp yang dikombinasikan dengan stoplamp warna merah di setiap sisi lampu.

Desain Interior

Sekarang mengamati Honda Freed di bagian interiornya. Mobil ini tergolong kendaraan MPV yang dilengkapi berbagai fitur modern guna menunjang kenyamanan berkendara pengemudi serta penumpangnya. Salah satu daya tarik mobil ini adalah pada material dashboard yang berkualitas dengan desain kabin yang berkualitas pula. Untuk dashboardnya sendiri didesain menggunakan konsep In-Dash-Shift-Knob Level dan Open Cafe Dashboard yang memberikan kemudahan serta keleluasaan gerak. Sedangkan untuk bagian panel instrumen, Honda Freed ini dilengkapi Multi Information Display LCD yang memberikan informasi secara informative serta real Time, seperti; konsumsi BBM, suhu kabin, jarak tempuh, sisa bahan bakar, dll. Pada bagian setir kemudi mobil ini memiliki Multi Layered Meter Cluster berwarna terang dengan kabin mobil didominasi Black Color bermaterial kulit jok yang Softly. Ditambah lagi dengan model Walk-Through Cabin yang memudahkan akses gerak penumpang dari satu kursi ke kursi lain. Serta adanya sandaran tangan (arm rest) pada bagian luar kursi baris ke – 2 dan baris pertama yang khusus terdapat pada type E dan S. Kemudian berujung pada fitur Seat Hight Adjustment yaitu fitur untuk mengatur tinggi rendah posisi kursi penumpang sehingga semakin menambah sisi kenyamanan pada mobil ini.

Toyota Sienta Terbaru 2017

Sementara pada segmen interior dari Toyota Sienta desain kabin sudah tampak lugas dengan bagian dashboard yang dilengkapi desain berlapis yang menunjukkan kemanisannya tapi tidak minimalis. Pada bagian atas berwarna hitam dipasangi Fin Air Conditioner (AC), panel instrument, tempat head unit,  dan start button-stop engine (pada type V dan Q). Setelahnya, pada setir kemudi memakai steering switch control system dengan layar TFT MID (Multi Information Display). Pada tempat head unitnya, juga dilengkapi dengan MID LCD touchscreen 4,2” untuk memberi kemudahan pengemudi untuk membacanya. Lalu bagian bawah dashboard berwarna krem tempat tuas transmition dan Auido Control Button. Sementara itu,  pada bagian bagasi warna cokelat yang menjadi default untuk varian Toyota Sienta type V dan Q, sedangkan untuk type G dan E menggunakan warna hitam. Toyota Sienta juga menghadirkan tiga baris tempat duduk sehingga mampu memuat 6-7 orang penumpang. Pada baris ke – 2, dilengkapi dengan kursi model Captainseat sehingga nampak kesannya yang mewah. Namun, untuk baris ke – 3 tidak begitu luas jadi hanya cocok digunakan anak-anak tidak orang dewasa. Akan tetapi sudah menggunakan Dive-In Row System yang dapat dilipat sehingga memberikan keleluasaan gerak lebih banyak.

Dimensi dan Performa

Honda Freed ini memiliki berukuran panjang x lebar x tinggi = 4.215 mm x 1.700 mm x 1.740 mm, berjarak jarak sumbu roda sepanjang 2.740 mm, dengan jarak pijak hingga 1.478 – 1.466 mm, lalu kabin yang memuat 8 orang penumpang, sehingga berbentuk body yang tidak terlalu panjang sehingga cocok digunakan untuk daerah perkotaan. Didukung dengan suspensi MacPherson Strut pada bagian depan dan untuk suspensi belakang menggunakan H-Shape Torsion Beam. Tak lupa Honda Freed ini, dibekali sistem pengereman ABS plus EBD yang memberikan pengereman serta kestabilan mobil lebih efektif. Didukung Velg Alloy Wheel 15” dan ban berukuran 185/65. Mobil ini hadir dengan mesin type 1.5 SOHC i-VTEC, DBW, TBR 4 In-line Silynder 16-Valve. Dengan berbekal mesin ini, Honda Freed mampu menghasilkan performa sangat tangguh yang didukung sustem suplay bahan bakar PGM-FI (Full Injection). Dengan menghasilkan tenaga maksimal 87 Kw (118 PS) 6.600 rpm dan torsi maksimal  hingga 14.9 kg.m (146 Nm) 4.800 rpm. Didukung dengan Active Lock – Up System Technology yang berakselerasi lebih responsible dan tangguh pada segala macam medan. Sedangkan System Tranmition, honda freed memakai Automatic (A/M) 5-Speed.

Logo Toyota

Sementara kita lanjutkan pada bagian dimensi Toyota Sienta. Sepintas, tampilan Toyota Sienta terlihat besar serta tinggi dengan ukuran panjang x lebar x tinggi = 4.235 mm x 1.695 mm x 1.675 mm dengan kapasitas antara 6-7 orang penumpang. Lalu, untuk memberi kenyamanan saat berkendara, Toyota Sienta dihadirkan dengan suspensi yang dapat bergerak dengan fleksibel sehingga dapat menahan berbagai goncangan yang terjadi. Pada kaki-kaki menggunakan Sporty Velg 16” (pada type G, V, dan Q) dan ban 195/50 R16 Alloy Wheel sehingga tampak sangar dan gagah. Sementara, untuk bagian remnya Toyota Sienta ini sudah menggunakan sistem pengereman terbaik yang terbaru, yakni ABS dan EBD (pada type V dan Q) yang merupakan fitur keamanan wajib ada saat berkendara. Untuk hal performa Toyota Sienta dihadirkan dengan type mesin (standard dan hybrid). Nah Untuk type standardnya yaitu mesin L4 DOHC 16-valve VVT-iE 1.496 cc, yaitu mesin yang mampu mengeluarkan tenaga maksimal hingga 109 PS 6.000 rpm, serta torsi hingga 136 Nm 4.400 rpm. Sehingga mesin ini digolongkan sebagai mesin bertenaga dan irit bahan bakar (1 liter / 20,2 km). Untuk transmisinya menggunakan Tranmition Super CVT-I System. Untuk type hybrid, masih menyerap daya pacu mesin L4 DOHC 16-valve VVT-i dengan fitur Start Stop Engine, dengan kapasitas silinder lebih besar, yaitu 1.497 cc, dan tenaga maksimal hingga 74 PS 4.800 rpm, serta torsi hingga 111 Nm 4.400 rpm. Sehingga untuk Toyota Sienta type Hybrid dipastikan lebih irit penggunaan BBMnya (1 liter / 27.9 km). Kemudian untuk transmisinya menggunakan Electronically Controlled CVT Technology dengan teknologi Synchronous Alternating Current Motor yang pada Motor Electricnya.

Baiklah Pembaca sekalian, seperti itulah perbandingan dari kedua mobil ini berdasarkan tampilan dan performanya. Pembaca sekalian dapat menyimpulkan sendiri, manakah yang terbaik diantara kedua mobil tersebut. Namun disini kami memberi kesimpulan, bahwa dengan tingkat eksistensi Honda Freed yang cukup melegenda di Indonesia, mobil ini tentu masih memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan Toyota Sienta yang merupakan fresh MPV. Khususnya dari bagian tampilan interior yang elegant sekaligus performa mesin yang lebih besar. Namun bila melihat perkembangan zaman dimana masyarakatnya memiliki lebih banyak selera dalam hal gaya hidup. Maka dengan desain lebih modern dan berbagai fitur lebih unggul, Toyota Sienta jelas berpeluang untuk menyaingi Honda Freed. Sehingga bila Honda masih tetap memperjuangkan Freed agar mampu bersaing secara imbang dengan Sienta, maka saya rasa Honda perlu melakukan perombakan dari segi tampilannya.

Demikian artikel kami yang membahas tentang Toyota Sienta vs Honda Freed ini, kami berharap bisa menghilangkan kegelisahan anda bila harus dihadapkan pada pilihan sebagaimana untuk kedua mobil ini. Untuk spesifikasi lainnya tentang kedua mobil tersebut bisa juga anda baca pada website ini. Terima Kasih.