Cara Mengecat Mobil Yang Mudah Ini, Akan Membuat Mobil Anda Seperti Baru

By | May 22, 2017

Cara Mengecat Mobil – Sebagaimana kita ketahui bahwa mobil adalah salah satu alat transportasi yang sangat familiar bagi kita semua dan tidak sedikit orang yang telah memilikinya. Sehingga semua hal yang berkaitan dengan mobil tentu harus diperhatikan salah satunya yaitu keindahan atau kebersihannya. Dimana faktor yang menjadikan mobil terlihat selalu bersih dan cantik tentunya adalah warna cat bodinya. Sehingga bila mobil yang Anda punya telah mengalami pemudaran warna, lecet (tergores), penyok pada bodinya. Maka diperlukan pengecetan ulang supaya mobil anda akan terlihat seperti baru lagi.

Cara Mengecat Mobil Lengkap

Namun, mengecat mobil tidak semudah memasak mie instan yang semua orang bisa. Karena ketidak mudahan tersebut, Anda harus merogoh dompet yang dalam untuk merealisasikannya. Maka dari itu, dalam artikel ini kami secara khusus akan mengulas alternatif lain yang dapat Anda pergunakan untuk mendapatkan warna baru pada mobil tanpa harus mengeluarkan banyak biaya, yaitu dengan mengecatnya sendiri. Dimana untuk hasil yang maksimal, maka anda harus memperhatikan cara pengecatan sebagai contoh cat yang berkualitas karena cat yang berkualitas tentunya akan mengasilkan tampilan yang menarik pada mobil anda. Berikut ini merupakan cara mengecat mobil yang telah kami rangkum dalam beberapa tahapan  untuk mendapatkan hasil pengecatan yang maksimal.

Tahap Persiapan

  • Tempat

Temukan tempat yang tepat untuk melakukan pekerjaan. Kategori tempat yang dimaksudkan yaitu tempat berventilasi baik dengan sedikit debu, pencahayaan yang baik, tersedia listrik serta ruangan untuk bekerja pada area kendaraan Anda. Garasi perumahan biasanya tidak cocok karena keberadaan pemanas air atau perapian yang mungkin menyebabkan pengapian akan uap cat yang bisa terakumulasi selama proses pengecatan.

  • Alat dan Bahan

Kumpulkan bahan-bahan dan peralatan yang Anda kan butuhkan untuk melakukan pengecatan. Dalam hal ini kami hanya secara umum menyuguhkan tentang alat dan bahan tersebut termasuk alat keselamatan kerjanya. Adapun alat dan bahannya yaitu sebagai berikut.

  1. Dempul
  2. Scrap / kape untuk mengoleskan dempul
  3. Amplas kasar dan halus
  4. Spray gun / Penyemprot cat (HVLP, LVLP, atau tanpa udara)
  5. Poxy
  6. Cat dasar
  7. Cat mobil
  8. Cat akhir ( clear / varnish )
  9. Kompresor udara
  10. Pelarut untuk membersihkan permukaan
  11. Selotip dan kertas
  12. Thinner cat dan katalis atau pengeras (hardener)
  13. Respirator, masker debu, dan pelindung mata
  14. Body filler atau komponen serat optik untuk perbaikan
  • Kemudian bersihkan karat dan perbaiki penyok yang Anda tidak ingin untuk terlihat ketika pengecatan selesai.
  • Lalu, bersihkan juga setiap permukaannya secara keseluruhan dengan menggunakan cairan mineral / thinner atau alkohol terdenaturasi untuk memastikan agar tidak ada minyak pada mobil yang bisa mengalami pelapisan catnya.
  • Kemudian gunakan selotip dan kertas untuk menutup setiap permukaan yang tidak dicat seperti kaca mobil, gagang pintu, cermin spion, grill, dll. Serta pastikan tidak ada lubang pada selotip dan kertas yang digunakan agar cat berlebih tidak mengenai area yang tidak di cat.

Mencuci Mobil

Tahap Pendempulan

Kualitas pengecatan tergantung hasil dari pendempulan, peroses pendempuln yang bagus akan mendapatkan hasil yang rata pada body mobil, jika hasil pendempulan tidak rapi akan mengakibatkan permukaan cat tidak rata. Adapun tahap pendempulan adalah sebagai berikut.

  • Pertama-tama, bersihkan terlebih dahulu mobil yang akan di cat.
  • Kemudian amplas bagian mana yang akan dicat.
  • Oleskan dempul secara perlahan dan pelan-pelan tentunya untuk memperoleh hasil yang optimal.
  • Tunggu hingga setengah kering, lalu amplas kembali.
  • Lakukan secara berulang – ulang hingga tekstur bodi yang anda inginkan telah sesuai.
  • Selanjutnya cuci dengan air bersih pada bagian yang akan anda cat, lalu keringkan dengan kain. Diamkan di bawah sinar matahari hingga air benar-benar kering.
  • Siapkan Epoxy lalu semprotkan pada bagian yang akan di cat.
  • Lanjutkan dengan menggosok permukaan mobil dengan amplas yang halus. Lakukan hingga permukannya rata.
  • Berikutnya, anda bisa mencuci bagian mobil yang telah diampelas lalu  keringkan. Untuk mengeringkan gunakanlah kain yang lembut seperti kain berbahan katun guna membersihkan mobil secara maksimal.
  • Agar hasil pengecatan terlihat baik dan sempurna, anda sebaiknya menggunakan warna putih atau abu-abu untuk memulai pengecatan dasar. Untuk lebih sempurnanya lagi lakukan pada area terbuka dimana sinar matahari bisa mengenai mobil secara langsung. Namun jangan lupa anda harus menghindarkan mobil dari berbagai debu yang dapat membuat warna cat dasar jadi tidak bagus.
  • Tunggu selama kurang lebih 2 jam hingga cat dasar menjadi kering dan ampelas lagi agar hasilnya maksimal. Dalam proses pengampelasan, lakukan dengan perlahan secara tipis – tipis supaya warna dari cat dasar menjadi lebih rata.

Tahap Pengecatan

Sebelum pengecatan tentu saja harus memilih warna cat yang diinginkan, memang sebagian warna cat mobol bukan warna dasar sehingga warna cat yang dihasilkan belum tentu akan sesuai dengan yang diinginkan, sebaiknya pilih cat yang memiiki kualitas yang bagus.

Tahap Pengecatan Mobil

Selanjutnya adalah tahap pengecatan. Ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Campurkan cat menggunakan tiner. Jangan terlalu encer ataupun kental.
  • Jika yang anda gunakan adalah jenis cat yang kental, ada baiknya anda mencampur cat dan tiner dengan perbandingan 1 : 2 ( I liter cat dan 2 liter tiner ). Sementara untuk jenis cat yang encer, anda bisa menggunakan perbandingan 1 : 1.
  • Jika langkah di atas sudah selesai, anda bisa memulai pengecatan segera. Akan lebih bila dalam proses pengecatan, anda melakukan sekali penarikan spoit cat guna mengantisipasi cat yang terlalu tebal. Lakukan pengecatan secara merata dan jangan melompat-lompat.
  • Saat pengecatan telah selesai, lakukan pengeringan hingga cat benar-benar kering.

Adapun Jenis-jenis Cat Mobil, yaitu cat yang digunakan untuk jenis kendaraan pasti berbeda dan jenis serta bahan cat bisa dibedakan menjadi 3 yaitu:

  1. Nitro Cellulose untuk cat jenis ini biasanya digunakan truk dan kendaraaan niaga, kelebihan cat ini cepat kering, namun cepat pudar dan tidak terlalu kinclon.
  2. Poly Urethane untuk cat ini memiliki harga yang mahal dan biasanya disebut dengan cat oven, cat ini memang tidak cepat kering, untuk mempercepat pengeringan biasanya memakai oven dan hasilnya keras serta sangat kinclong, sehingga tahan dengan goresan serta kualitas yang sangat baik.
  3. Lacquer dibandingkan dengan jenis kedua cat diatas jenis cat ini paling murah, dann cat ini juga cepat pudar.

Tahap Akhir Mengecat Mobil

Tahap Terakhir

Dalam tahapan ini kita harus menunggu cat benar – benar kering untuk mulai melakukan tahap varnish. Dengan tujuan agar hasil yang anda peroleh nanti akan bagus dan pastinya warna catnya akan lebih tahan lama. Memulai tahap varnish ini pun, dapat anda lakukan dengan cara mencampur varnish dengan komponen hardener atau cairan pengerasnya. Penyemprotan dilakukan secara merata dan jangan melompat-lompat. Selanjutnya anda tinggal mengeringkannya hingga benar-benar kering, lalu lakukan proses pemolesan agar mobil terlihat mengkilat layaknya mobil baru.

Demikian ulasan kami dalam artikel mengenai cara mengecat mobil ini. Semoga bisa menambah wawasan anda tentang hal perawatan mobil sekaligus penghematan biaya perawatan mobil pembaca sekalian. Terima Kasih.

Kata Kunci Masuk:

  • xpander mobil
  • cara membuat masker buat mengecat mobil
  • cara mencapur varnish buat mobil
  • cara mengecat di atas cat baru
  • expander mitsubisi
  • gambar mobil x pander
  • mitsubishi xpabder warna merah